Iwanbanaran.com - Wowwww......jiann agresifff cakkk. Disaat pabrikan lain terkesan anteng emboh kenapa Honda horaaa umum galak tenan. Nggak hanya Indonesia, market globalpun demikian. Seperti PCX 4 katup misalnya. Kita semua tahu sosoknya wissss oraaaa rahasia maneh cakkk. Tapi tetap menarik untuk kita bahas ketika motor ini ternyata sudah ditangan gadis-gadis Jepang tanda skutik 4 katup Honda ini mulai didistribusikan. Waaahhh....

Seperti yang sampeyan tahu, Honda Eropa resmi merilis new PCX 125 4 katup. All New PCX 125 versi 2021 banyakk banget fitur tambahan yang membuat sang maxi skuter makin menawan. Sebut saja USB charger type C, HSTC (Honda Selectable Torque control) atau biasa disebut sebagai traksi kontrol. Tidak hanya itu beberapa point penting All New PCX 125 versi 2021 bisa sampeyan intip dibawah ini...

– Mesin baru eSP+ 4 katup (power lebih besar tembus 12.5PS dan torsi 11,8Nm)
– Jarak main suspensi (travel) bertambah panjang untuk menjamin kenyamanan berkendara (lebih lembut)
– USB type C
– Velg berubah jadi makin sporty
– Sudah ada traksi control (HSTC)
– Ban lebih besar (sayang data ukuran belum diumbar)
– Desain speedo baru dengan indikator HSTC
– Jok didesain ulang agar lebih nyaman
– Ruang kaki bertambah 30mm untuk depan dan samping agar makin nyaman
– Ruang bagasi diperbesar 2,4L sekarang tembus 30,4L
– Handle grip belakang boncenger didesain ulang sehingga lebih kompak dan ringan

Nah dilalah setelah Eropa nggak lama Maxi scooter yang di tanah air kemungkinan mengusung codeproject K1Z ini secara official resmi diluncurkan Honda Jepang dengan label new PCX 160. Betul cak… label baru ini mengikuti kubikasi yang kini Mekar dari sebelumnya 149cc menjadi 156 cc. Dengan naiknya kubikasi Honda juga menaikkan kompresi mesin dari sebelumnya hanya 10,6 : 1 untuk generasi terbaru ini tembus di angka 12:1 alhasil Power melejit dari sebelumnya hanya 14,7 PS pada 8500 RPM maka untuk generasi terbaru ini tembus 15,8 PS pada 8500 RPM…

Begitupun torsi. Untuk generasi terbaru torsinya meningkat cukup pesat dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya 13,2 nm di 6500 RPM. Untuk generasi terbaru ini sekarang sudah berada di angka 15nm di 6500 RPM. Fix semua bocoran terbukti cak. Btw dengan spesifikasi tersebut ini artinya output power new PCX 160 ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan SH 155 yang berada di Kisaran 16,1 PS. Namun torsi lebih tinggi dibandingkan dengan SH155 yang berada di angka 14,4 mm sementara PCX160 tembus di Kisaran 15 nm. Dan kini sang kuda besi sudah masuk tahap pengetesan para jurnalis Jepang...

Yup...gadis-gadis diatas tester dari salah satu media Jepang yang cukup terkenal. Cukup penasaran memang untuk melihat bagaimana hasil test yang mereka lakukan. So....kita tunggu saja kedatangan sang kuda besi mengingat New PCX 160 sebenarnya sudah disiapkan AHM untuk menggempur pasar maxi 150cc. Awal tahun cak, sabar suburrr hehehehe.....(iwb)