Laman

Selasa, 24 November 2020

Literasi digital Indonesia: sudah melek tapi masi doyan hoaks 😢


Startup dan Teknologi Hari Ini


Selasa, 24 November 2020

Halo Streight Face,

Ada hasil survei yang cukup menarik nih dari Katadata, soal tingkat literasi digital orang Indonesia.

Ada beberapa hal yang mereka coba cari tahu, mulai dari kemampuan berpikir kritis terhadap konten digital yang dikonsumsi, etika berteknologi masyarakat, sampai kenapa om jauh kamu yang itu masih suka share berita bohong di grup WhatsApp keluarga besar. 

Hehe, nggak deng. Yang terakhir cuma curhat dikit aja. Hasil laporannya bisa kamu baca di bawah ya.

Jangan lupa, Tech in Asia ID+ LIVE berikutnya bakal diadakan tanggal 3 Desember mendatang. Kalau kamu tertarik belajar Design Sprint langsung dari bos saya (Glenn Prasetya, Head of Product Tech in Asia), cuss langsung daftar!

— Ekky, Tech in Asia

HIGHLIGHT

Indonesia melek literasi digital tapi doyan sebar hoaks

 

Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika baru saja merilis hasil survei soal literasi digital yang disebar ke 34 provinsi di indonesia. Hasilnya, ada beberapa temuan menarik nih:
  • Wilayah Indonesia tengah juaranya: Status literasi digital Indonesia yang termasuk kategori sedang dengan skor 3,47 dari 5. Uniknya, literasi tertinggi diisi oleh para underdog seperti Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.
  • Masih doyan sebar hoaks: Menurut hasil survei tersebut, dari 11 persen responden yang pernah menyebar hoaks, 68,4 persen antaranya bilang cuma ingin mendistribusikan informasi meskipun belum memverifikasi kebenarannya.
Baca selengkapnya hasil survei literasi digital oleh Katadata dan Kemkominfo di sini.

Finantier Terima Investasi Pre-Seed dari East Ventures dan lain-lain


Startup open finance Finantier terima investasi pre-seed yang diikuti oleh East Ventures, AC Ventures, Genesia Ventures, dan investor lainnya.

Finantier menawarkan API dan infrastruktur untuk mendukung pengembangan beragam produk fintech.

Solusi yang dimiliki Finantier diklaim dapat mempercepat dan memangkas biaya pengembangan infrastruktur oleh perusahaan fintech dan lembaga keuangan.

Baca selengkapnya mengenai kabar pendanaan Finantier oleh beberapa VC sekaligus

ARTIKEL PREMIUM PILIHAN

Setiap bulannya pemilik akun gratis Tech in Asia Indonesia berkesempatan untuk membaca satu artikel premium pilihan kami. Baca gratis artikel di bawah atau lihat artikel premium lainnya.

[Video] Apa Itu Burn Rate, Runway, serta Dampaknya ke Strategi Startup

Baik burn rate dan runway adalah dua konsep yang ikut menentukan hidup matinya suatu startup. Ketahui definisi dan implementasinya lewat video ini!

Baca gratis di sini (khusus pengguna terdaftar)

MORNING DIGEST

Alibaba investasi ke TV belanja

  • Dana investasi senilai US$939 juta dari Alibaba disalurkan ke  Mango Excellent Media untuk menggali potensi dari pasar kalangan pemirsa televisi di Cina.
  • Kabar ini berselang sebulan setelah Grup Alibaba membeli lebih dari separuh saham milik perusahaan jaringan supermarket terbesar Cina, Sun Art Retail Group.

DAMRI perkenalkan sistem untuk pantau armada

  • DAMRI Fleet Management System (DFMS) ini menggunakan perangkat GPS pada setiap armada untuk mengetahui lokasi akurat.
  • Selain pemasangan GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu untuk memantau setiap aktivitas di dalam bus.

Aplikasi Phone di Android akan berubah menjadi Google Call

  • Selain akan berubah nama, aplikasi Phone juga akan mengikuti jejak ikon Google yang lain yang mengalami perubahan warna.
  • Aplikasi Phone yang baru ini dipimpin oleh eksekutif yang sama yang mengembangkan Message dan Duo.

QUOTE HARI INI

"Jangan pernah berkompetisi pada harga, tetapi bersainglah untuk layanan dan inovasi."


— Jack Ma, founder Alibaba

 EVENT MENDATANG

  • TECH IN ASIA ID+ LIVE: Sempurnakan Design Sprint untuk Mengoptimalkan Performa Produk 
    • Lewat sesi kali ini, Glenn Prasetya (Head of Product Tech in Asia Indonesia) akan membahas tentang tantangan dan solusi dalam melakukan design sprint. Daftar di sini.

LOKER MINGGU INI

Terima kasih karena kamu sudah baca sampai habis. Newsletter ini dibuat dengan cinta (dan sedikit kafein) oleh tim marketing Tech in Asia Indonesia. Sampaikan kritik, saran, dan komentar kamu seputar newsletter kami lewat form ini.

Jangan sampai ketinggalan berita harian seputar industri startup Indonesia. Simpan email indonesia@techinasia.com ke kontakmu, atau pindahkan email ini ke primary inbox.

Tidak ingin menerima semua email dari kami lagi? Kamu bisa berhenti berlangganan newsletter (tentunya kami bakal sedih!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar