Laman

Jumat, 27 November 2020

Cara kerja tim customer experience ala Tokopedia


Startup dan Teknologi Hari Ini


Jumat, 27 November 2020

Halo Streight Face,

Memahami customer experience (CX), adalah salah satu elemen penting, biar pelanggan kamu makin betah menggunakan produk yang kamu kembangkan. Sangking pentingnya, Tokopedia, sebagai salah unicorn di Indonesia, bahkan sampai membentuk tim khusus CX di bawah naungan divisi Operations.

Lalu gimana ya, cara kerja tim CX di perusahaan ini? Simak rangkumannya di bawah, ya! 

— Diah, Tech in Asia

HIGHLIGHT

Tip agar pelanggan tetap loyal ala Tokopedia


Menurut Senior Customer Experience Tokopedia, Bhayu Ravelli Arsyad, kehadiran tim customer experience di tempatnya tak hanya untuk menjawab dan menyikapi aduan pelanggan saja. Tapi juga menganalisa pola belanja pelanggan, sehingga bisa membantu bisnis Tokopedia untuk tumbuh.  
  • Mengedukasi pelanggan: Sebagai bagian dari tim CX, pemahaman komprehensif mengenai berbagai fitur dan produk yang ditawarkan harus dikuasai. Sehingga pelanggan bisa mendapat bantuan saat mengenal berbagai fitur maupun produk perusahaan. 
  • Mengedepankan riset dan tool: Tim CX Tokopedia kata Bhayu perlu secara rutin melakukan survei pelanggan, baik untuk mengukur metrik yang dimiliki, seperti survei Net Promoters Score (NPS) atau survei tentang loyalitas pelanggan.
  • Meniadakan call center: Tokopedia care tidak menyediakan call center. Hal ini bertujuan agar pelanggan mendapatkan layanan bantuan satu pintu secara digital, yaitu melalui e-mail ataupun live chat. 

Baca selengkapnya tentang cara kerja tim customer experience Tokopedia khusus pelanggan ID+

Kerja sama Grab 🤝 Lazada 


Grab dan Lazada mengintegrasikan layanan mereka demi memperbesar jumlah penggunanya di Vietnam. Hal ini menyusul rumor yang menyebutkan bahwa Alibaba Group Holding, investor Lazada, tengah dalam pembicaraan dengan Grab terkait investasi sebesar Rp44,5 T.
  • Integrasi layanan pengiriman: Kemitraan ini memungkinkan pelanggan mengakses layanan pesan-antar makanan GrabFood melalui homepage di aplikasi Lazada. Sebagai gantinya, pengguna Grab di Vietnam dapat mengakses platform Lazada melalui tautan yang terdapat dalam banner kampanye di aplikasi Grab.
  • Strategi Alibaba: Kemitraan ini dapat menjadi kendaraan bagi Alibaba untuk memperbesar pasarnya di Asia Tenggara. Kedua perusahaan dapat berbagi basis data pengguna dari berbagai layanan, seperti e-commerce hingga transportasi. 

Simak rencana integrasi layanan Grab dan Lazada di Vietnam

ARTIKEL PREMIUM PILIHAN

Setiap bulannya pemilik akun gratis Tech in Asia Indonesia berkesempatan untuk membaca satu artikel premium pilihan kami. Baca gratis artikel di bawah atau lihat artikel premium lainnya.

[Video] Apa Itu Burn Rate, Runway, serta Dampaknya ke Strategi Startup

Baik burn rate dan runway adalah dua konsep yang ikut menentukan hidup matinya suatu startup. Ketahui definisi dan implementasinya lewat video ini!

Baca gratis di sini (khusus pengguna terdaftar)

MORNING DIGEST

Kabar Salesforce yang akuisisi Slack

  • Salesforce dan Slack tengah terlibat pembicaraan untuk akuisisi. Paling lambat keputusan akan disampaikan pekan depan saat Salesforce menyampaikan laporan kinerja perusahaannya selama kuartal ketiga 2020.
  • Slack akan menjadi akuisisi termahal Salesforce bila transaksi ini terjadi nanti.

Zenius rilis platform gratis bagi guru

  • Zenius untuk Guru adalah platform gratis yang membantu guru melakukan pengajaran, membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa.
  • Platform ini juga memungkinkan para guru untuk menciptakan kelas daring hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan.

Carsome klaim penjualannya meningkat 300 persen

  • Peningkatan ini disebut dua kali lipat dari sebelum pandemi COVID-19. Hal ini jadi pertanda baik bagi industri otomotif
  • Carsome yakin yakin pasar mobil bekas akan kembali pulih dan membaik di 2021. 

 EVENT MENDATANG

  • TECH IN ASIA ID+ LIVE: Sempurnakan Design Sprint untuk Mengoptimalkan Performa Produk 
  • Lewat sesi kali ini, Glenn Prasetya (Head of Product Tech in Asia Indonesia) akan membahas tentang tantangan dan solusi dalam melakukan design sprint. Daftar di sini.
  • The Easiest Decision with HP: Working Remotely with Family
  • Cari tahu bagaimana cara mengelola waktu bersama keluarga agar semua orang menjadi produktif di rumah. Daftar di sini

LOKER MINGGU INI

Terima kasih karena kamu sudah baca sampai habis. Newsletter ini dibuat dengan cinta (dan sedikit kafein) oleh tim marketing Tech in Asia Indonesia. Sampaikan kritik, saran, dan komentar kamu seputar newsletter kami lewat form ini.

Jangan sampai ketinggalan berita harian seputar industri startup Indonesia. Simpan email indonesia@techinasia.com ke kontakmu, atau pindahkan email ini ke primary inbox.

Tidak ingin menerima semua email dari kami lagi? Kamu bisa berhenti berlangganan newsletter (tentunya kami bakal sedih!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar