AirAsia transformasi jadi super app: ambisius, tapi apa bisa? Semua orang tahu kalau AirAsia adalah perusahaan maskapai penerbangan. Tapi banyak yang tidak sadar kalau mereka juga mencemplungkan diri di banyak vertikal, seperti e-commerce, pembayaran digital, bahkan media online. Totalnya, ada 17 lini bisnis. Tujuannya satu, yaitu membangun portofolio untuk ambisi mereka membuat super app. Beberapa poin menarik yang bisa kamu baca di artikel ini: - One-stop shop untuk kebutuhan masyarakat: Ambisi ini diungkapkan oleh CEO AirAsia.com Karen Chan dalam acara Tech in Asia Product Development Conference 2020 lalu.
- Bergerak dari udara: Model bisnis super app yang direncakan oleh AirAsia mirip dengan apa yang dilakukan oleh Grab dan Gojek. Bedanya, dua startup tersebut fokus pada transportasi darat, sehingga AirAsia punya peluang menarik dengan beroperasi di ranah transportasi udara.
- Pelan-pelan menuju profit: Meski banyak lini bisnis AirAsia yang masih merugi, salah satu portofolio mereka, Teleport (layanan last mile logistic) mendekati profitabilitas.
Baca selengkapnya soal prospek dan ambisi AirAsia menjadi super app (π), eksklusif untuk pelanggan Tech in Asia ID+ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar