•_• Straight-Face •_•

Laman

  • Home
  • Artikel

Senin, 09 Mei 2022

[New post] Yang Perlu diketahui tentang Manager Tim dan Manager Pembalap MotoGP

Site logo image manuel pecino posted: " TMCBLOG.com - Dalam beberapa pekan terakhir, apa yang biasa dikenal sebagai "Market Pembalap" telah hadir. Dengan berakhirnya kontrak 20 dari 24 pebalap MotoGP pada akhir tahun 2022 maka aktivitas para manajer mereka yang membela kepentingan para peba"

Yang Perlu diketahui tentang Manager Tim dan Manager Pembalap MotoGP

manuel pecino

May 9

GRAND PRIX OF ITALY - MUGELLO (ITA) - 02/06/2013 - PHOTO: STUDIO MILAGRO / DPPI

TMCBLOG.com - Dalam beberapa pekan terakhir, apa yang biasa dikenal sebagai "Market Pembalap" telah hadir. Dengan berakhirnya kontrak 20 dari 24 pebalap MotoGP pada akhir tahun 2022 maka aktivitas para manajer mereka yang membela kepentingan para pebalap dan Tim meroket. Manager pembalap ( Rider Manager ) mencari kontrak terbaik untuk pembalap mereka; Manager Tim ( team manager ) bekerja untuk menandatangani pengendara yang paling sesuai dengan proyek mereka dengan biaya serendah mungkin.

Dan kepentingan yang saling bertentangan ini mau tidak mau mengubah negosiasi menjadi semacam permainan poker di mana tidak ada pihak yang menunjukkan kartunya dan di mana jelas jugakadang hadir ruang untuk gertakan yang tak terhindarkan, Itulah permainannya.

Sebuah permainan yang memiliki batasan waktu, karena secara teoritis tidak baik untuk menutup kesepakatan terlalu dini atau membiarkannya terlambat. Aturan umumnya adalah jika seorang pebalap menutup kontrak lebih awal, itu berarti manajernya telah memperoleh dari pihak lain apa yang dia minta tanpa harus bernegosiasi terlalu banyak. Ini biasanya terjadi ketika sebuah pabrikan membuat taruhan yang jelas pada seorang pebalap dan tidak ingin pembalap ini lolos.

Hal Itu terjadi, misalnya, dalam perpanjangan terakhir Kontrak Maverick Vinales di Yamaha. Menghadapi ancaman tawaran dari Ducati, Yamaha memperbaharuinya selama dua tahun sebulan sebelum awal musim dengan cara peningkatan pendapatan Maverick yang bahkan tidak diminta. Musim ini terjadi dengan Pecco Bagnaia, yang kontraknya diperpanjang oleh Ducati selama dua tahun, juga sebelum dimulainya kejuaraan.

Faktanya, Bagnaia adalah salah satu dari empat pembalap MotoGP, bersama dengan Marc Marquez, Brad Binder dan Franco Morbidelli, yang kontraknya akan berakhir setelah tahun 2022 … Perhatikan deh dimana masing-masing dari mereka adalah pembalap untuk merek yang berbeda. Tapi mari kita kembali ke sosok manajer: Profil apa yang mereka miliki? Keterampilan apa yang seharusnya mereka miliki? Apa latar belakang mereka?

Hal pertama adalah membedakan antara manajer pengendara dan manajer tim. Seperti yang akan kita lihat, ada perbedaan yang jelas antara keduanya. Profil manajer pengendara sangat heterogen.

  • Lembaga yang mewakili atlet; manajer profesional.
  • Mantan pengendara yang memanfaatkan pengalaman mereka untuk mengelola pengendara aktif.
  • Oportunis yang menjadi manajer dengan mendapatkan kepercayaan dari pengendara atau orang tua dari pengendara.
  • Ada juga orang tua yang bertindak sebagai wakil dari anaknya.
  • Dan akhirnya pengendara yang mengelola karir dan minat mereka sendiri.

Seorang pebalap yang melewati beberapa fase ini sepanjang karirnya adalah Dani Pedrosa, yang selama bertahun-tahun memiliki Alberto Puig – mantan pebalap – sebagai perwakilan resminya, dan yang kemudian mengatur dirinya sendiri ketika keduanya berpisah. Bagi Pedrosa, mengelola dirinya sendiri berarti tidak hanya memperbarui perjanjian dengan Honda, tetapi juga dengan semua sponsor pribadi. Dan ini akhirnya memakan korban: Pedrosa kehilangan fokus. Untuk mendapatkan kembali waktu yang telah hilang, dia akhirnya menyewa agen perwakilan atlet yang berbasis di AS.

Negosiasi biasanya dilakukan lebih baik oleh manajer profesional yang juga mengerti paddock. Di MotoGP saat ini ada dua manajer dengan profil ini yang cukup menonjol. Salah satunya yang sangat terkenal, Carlo Pernat, sosok yang lewat tangannya telah 'memproduksi' pebalap seperti Loris Capirossi dan Andrea Iannone, dan yang kini membersamai Enea Bastianini dan Toni Arbolino dimana keduanya juara balapan musim ini.

Tetapi hal yang paling mencolok dalam karir Pernat adalah bahwa sebelum mewakili dan menjadi Manager pebalap, dia adalah manajer olahraga dari dua pabrikan: Cagiva dan Aprilia. Di sana dia duduk di sisi lain meja dengan manajer dari pembalap seperti Max Biaggi, Valentino Rossi dan banyak lainnya. Akibatnya, tidak ada yang tahu rahasia manajemen yang baik lebih baik dari Pernat.

Seorang manajer MotoGP yang baik harus, selain menjadi penjual dan negosiator yang baik selain tetap sangat memperhatikan waktu. Dalam negosiasi dengan calon 'majikan', dia jelas harus memperkenalkan opsi lain yang mungkin dimiliki kliennya, apakah itu benar atau tidak. Mereka akan membantunya untuk mencari peningkatan tawaran, tetapi jika selama proses tarik ulur negosiasi alternatifnya menutup pintu, mungkin saja nego akan berakhir dengan hanya satu pilihan. Dan kemudian permainan poker berubah menjadi situasi take-it-or-leave it.

Seperti yang terjadi dengan pengumuman mendadak Suzuki terkait pengunduran dirinya dari MotoGP di akhir musim. Manajer seperti Quartararo, Jorge Martin atau Enea Bastianini bisa menggunakan "kartu" Suzuki dalam negosiasi pembaruan mereka dengan Pabrikan mereka saat ini. Oleh karena itu, mengatur waktu yang tepat juga merupakan faktor kunci dalam negosiasi apa pun.

Mari kita lihat Profil para manajer  Pembalap di balik para pebalap MotoGP dan latar belakang mereka:

  • Fabio Quartararo : Eric Mahé | Mantan Rider
  • Enea Bastianini :  Carlo Pernat | Manajer Profesional
  • Alex Rins : Miguel Galvarriato | Pengacara
  • Aleix Espargaró : Manajer Profesional Albert Valera
  • Joan Mir : Francisco Sanchez | Pengacara
  • Jack Miller : Aki Ajo Moto 2 Manajer tim
  • Jorge Martín : Albert Valera Manajer Profesional
  • Marc Marquez : Emilio Alzamora | Mantan Pembalap
  • Alex Marquez : Emilio Alzamora | Mantan Pembalap
  • Pecco Bagnaia : Organisasi  VR46
  • Franco Morbidelli  : Organisasi VR46
  • Andrea Dovizioso : Simone Batistella | Manajer Profesional
  • Takaaki Nakagami : Ibunya
  • Maverick Viñales : Giovanni Balestra | Mantan eksekutif perusahaan multinasional
  • Johann Zarco : Dirinya sendiri
  • Miguel Oliveira : Ayahnya
  • Remy Gardner : Paco Sanchez | Pengacara
  • Brad Binder : Agen perwakilan
  • Darryn Binder : Agen perwakilan
  • Raul Fernandez : Agen perwakilan
  • Pol Espargaró : Homer Bosch | Mantan eksekutif perusahaan multinasional
  • Marco Bezzecchi : Organisasi  VR46
  • Luca Marini  : Organisasi VR46
  • Fabio di Giananntonio : Diego Tavano | Mantan pemain futbol

Dan sekarang kita sampai pada titik di mana Anda ingin tahu berapa banyak uang yang dihasilkan seorang manajer pebalap. Mengesampingkan manajer yang terkait dengan keluarga, perwakilan profesional menerima antara 5 persen dan 20 persen dari nilai kontrak pengendara. Persentase ini dapat bervariasi tergantung pada jumlahnya. Dalam kontrak jutaan euro, persentasenya pasti akan lebih rendah daripada dalam kesepakatan bernilai di bawahnya.

Manajer pengendara tidak hanya berurusan dengan pabrikan atau tim yang mempekerjakan pengendara mereka, tetapi juga harus bernegosiasi dengan pemasok helm, perlengkapan, dan barang-barang lainnya serta dengan sponsor pribadi pengendara yang mengiklankan minuman energi, kacamata, arloji , dan barang-barang serupa.

Manajer Tim

Sekarang mari kita lihat manajer tim. Tergantung pada mereknya, arti istilah "manajer tim" bisa berbeda-beda.

Di Ducati, Yamaha dan KTM, manajer tim – Davide Tardozzi, Massimo Meregalli dan Francesco Guidotti, masing-masing – pada dasarnya adalah manajer garasi. Mereka bertanggung jawab atas berfungsinya kegiatan di Garasi Paddcok dengan benar selama Grand Prix berlangsung. Terlepas dari gelar manajer tim, mereka tidak memutuskan tentang perekrutan pengendara. Ada orang lain yang bertanggung jawab untuk itu.

Di Yamaha yang bernegosiasi dan membuat keputusan akhir (tentang perekrutan pengendara) adalah Lin Jarvis, CEO Yamaha Racing. Dalam organisasi KTM peran itu berada di tangan Direktur Olahraganya, Pit Beirer. Di Ducati adalah Paolo Ciabatti, Direktur Olahraga Reparto Corse-nya, yang melakukan negosiasi, meskipun pada akhirnya adalah Gigi Dall'Igna, CEO Ducati Racing, yang memiliki keputusan terakhir tentang perekrutan pengendara .

Di Honda dan Suzuki, manajer tim mereka – Alberto Puig dan Livio Suppo, masing-masing menggabungkan tanggung jawab mengawasi berfungsinya tim dan aktifitas Garasi paddock di GP dengan tanggung jawab untuk negosiasi dan penandatanganan calon pembalap namun biasannya tidak sampai memiliki keputusan terakhir tentang perekrutan pengendara .

Dan dalam kasus Aprilia, Massimo Rivola mantan Direktur F1Sport Ferrari, sekarang CEO Aprilia Racing lah yang bertanggung jawab untuk negosiasi pengendara dan keputusan akhir.

Terlepas dari keragaman di antara manajer tim yang sebenarnya, keterampilan mereka pada dasarnya harus sama. Selain menjadi negosiator yang baik, mereka harus tahu bagaimana memilih pengendara yang sesuai dengan proyek dari Brand dalam hal berkendara, karakter, citra, dll.

Memang benar bahwa kecepatan pengendara adalah persyaratan nomor satu, tetapi juga penting untuk mempertimbangkan betapa mudah atau sulitnya bekerja sama dengannya setiap hari, ditambah sejumlah faktor lainnya. Misalnya, paspor kandidat harus sesuai dengan persyaratan sponsor seperti misalnya Idemitsu yang disponsori Tim LCR, yang harus dikendarai oleh pengendara Jepang atau Asia. Hal yang sama dapat diterapkan pada Tim Repsol Honda di mana "disarankan" bahwa setidaknya salah satu pembalap mereka harus orang Spanyol.

Seorang manajer tim diharapkan untuk memimpin tim demi kepentingan terbaik perusahaan tempat dia bekerja. Itulah sebabnya profil manajer tim pabrik yang disebutkan di atas adalah profil seorang manajer. Paolo Ciabatti dari Ducati pernah menjadi kepala World Superbike; Livio Suppo dari Suzuki sebelumnya adalah pemilik timnya sendiri dan kemudian direktur olahraga MotoGP Ducati dan tim pabrikan HRC; dan Massimo Rivola bertanggung jawab atas Ferrari di F1 selama enam tahun selama beberapa tahun.

Alberto Puig, manajer tim pabrikan MotoGP, adalah satu-satunya manajer tim yang juga mantan pembalap. Dan ini sangat terlihat dari cara dia mengelola. Puig bertindak dengan cara yang mendalam. Kita sering melihatnya tergantung di dinding lurus sirkuit dan ikutan memberi kode pengendaranya untuk melaju lebih cepat. Puig masih berpikir dan berbicara seperti seorang pembalap

Kita tidak boleh lupa bahwa pengendara adalah aset perusahaan yang membayar mereka, dan karena itu para manajer harus mengelolanya demi kepentingan terbaik perusahaan. Memang benar bahwa pengendara bukanlah sebuah bangunan, tetapi ketika sebuah perusahaan menginvestasikan jutaan per tahun di dalamnya, manajer bertanggung jawab atas manajemen pengendara yang baik… Itu terkadang tidak sesuai dengan keinginan atau keputusan pengendara.

Dalam hal ini, Livio Suppo sangat jelas:

"Ketika Anda bertanggung jawab atas sebuah tim, Anda harus menghindari berteman dengan para pebalap karena selalu pada titik tertentu dia atau tim memutuskan untuk berpisah. Dan jika hubungannya terlalu dekat, pengambilan keputusannya bisa salah. Seorang manajer berhutang budi kepada majikannya dan kewajibannya adalah selalu melakukan apa yang paling menguntungkan majikannya, dan jika ada hubungan yang terlalu dekat itu sulit."

Pembalap dan manajer tim akan melanjutkan tarik ulur Negosiasi mereka di minggu-minggu berikutnya. Dan, Sekarang Kita sama sama tahu dasar dari kartu yang mereka mainkan.

Manuel Pecino

Versi Bahasa Inggris

Comment

Unsubscribe to no longer receive posts from tmcblog.com.
Change your email settings at manage subscriptions.

Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser:
https://tmcblog.com/2022/05/09/yang-perlu-diketahui-tentang-manager-tim-dan-manager-pembalap-motogp/

Powered by Jetpack
Download on the App Store Get it on Google Play
Diposting oleh Unknown di 07.16
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Straight Face

Arsip Blog

  • ►  2025 (44)
    • ►  November (1)
    • ►  Agustus (1)
    • ►  Juli (2)
    • ►  Mei (8)
    • ►  April (5)
    • ►  Maret (9)
    • ►  Februari (10)
    • ►  Januari (8)
  • ►  2024 (135)
    • ►  Desember (9)
    • ►  November (12)
    • ►  Oktober (4)
    • ►  September (10)
    • ►  Agustus (13)
    • ►  Juli (8)
    • ►  Juni (4)
    • ►  Mei (13)
    • ►  April (12)
    • ►  Maret (8)
    • ►  Februari (15)
    • ►  Januari (27)
  • ►  2023 (1953)
    • ►  Desember (60)
    • ►  November (6)
    • ►  Oktober (1)
    • ►  Juli (254)
    • ►  Juni (284)
    • ►  Mei (280)
    • ►  April (236)
    • ►  Maret (304)
    • ►  Februari (251)
    • ►  Januari (277)
  • ▼  2022 (3702)
    • ►  Desember (394)
    • ►  November (381)
    • ►  Oktober (279)
    • ►  September (299)
    • ►  Agustus (291)
    • ►  Juli (279)
    • ►  Juni (307)
    • ▼  Mei (296)
      • [New post] Klasemen sementara Motogp Mugello 2022 ...
      • 18 ropa formal de mujer zara Conjuntos madrina rip...
      • [New post] Alex Rins Murka pada Nakagami.. » Dia P...
      • [New post] Suzuki GSX-RR 2022 kehilangan Senjata U...
      • [New post] Beli Pertalite nantinya harus daftar da...
      • [New post] REVIEW Keroyokan : Coba AHM Oil baru di...
      • [New post] Absennya Marc mempengaruhi Evolusi Hond...
      • [Pos baru] Aprilia RSGP Aleix Espargaro Raih Podiu...
      • [New post] Puig jelaskan alasan HRC pilih Bradl Ga...
      • [New post] Yesss !! Merah putih berkibar di Sepang...
      • [New post] » Aku harus berjuang melawan Ducati, w...
      • [New post] [Breaking] AHM rilis surat resmi produk...
      • [New post] » Aku suka motor ini…! » Puji Fabio p...
      • [Pos baru] Honda CRF450R Edisi Spesial 50 Tahun Mo...
      • [New post] Mario Aji raih Point terbaik So-far di ...
      • [New post] » Kami pantas menang di Mugello » cet...
      • [New post] Rekap Championship pasca MotoGP Mugello...
      • [New post] Mugello Motogp 2022 : Pecco juara….pemb...
      • [Pos baru] Hasil MotoGP Mugello Italia 2022 : Pecc...
      • [New post] Pecco Bagnaia Juara race MotoGP Mugello...
      • 18 makanan kucing hello kitty Nikmati makanan leza...
      • [New post] Giannantonio sabet pole position !! “ A...
      • [New post] Aprilia perkenalkan spoiler aneh pada b...
      • [New post] Andi Gilang P2 Race 2 SS600 ARRC Sepang...
      • [New post] Andi M Fadly Juara race 2 AP250 ARRC Se...
      • [New post] Kritik Dorna « »Seharusnya kualifikasi...
      • [New post] Marc Marquez diperkirakan Absen selama ...
      • [New post] RESMI : Nomor 46 pensiun dari kelas Mot...
      • [New post] Marc Marquez akui berbohong tentang ced...
      • [New post] Digianantonio Raih Pole Position MotoGP...
      • [New post] Motogp Mugello FP3 : Ducati berjaya, Ma...
      • [New post] Ada sinyalemen Marc Marquez akan dioper...
      • [New post] ARRC 2022 Cuma 5 Seri saja . . Tidak ad...
      • [New post] Sebelum Mundur Motogp, Suzuki Ecstar pe...
      • [New post] Pecco Bagnaia Tercepat FP3 MotoGP 2022
      • [New post] Gresini Racing Rilis Livery Khusus Moto...
      • [New post] Andi M Fadly Juara Race 1 AP250 ARRC Se...
      • [New post] Aleix Espargaro sebut Alex Rins & Raul ...
      • [New post] Fabio Quartararo mulai mengeluhkan perf...
      • [New post] Andi Gilang bawa CBR600RR Raih Pole Pos...
      • [Pos baru] Modifikasi Yamaha Fazzio Headlamp Vespa...
      • [New post] RNF Racing Bersama Aprilia MotoGP 2023
      • [Pos baru] CSR Yamaha Semarang Service Gratis Semu...
      • [New post] [Breaking] Resmi !! RNF Tinggalkan Yama...
      • [New post] Motogp FP1 Mugello : Honda unjuk gigi, ...
      • [New post] Nakagami Tercepat FP1 MotoGP Mugello 2022
      • [Pos baru] Hasil FP1 MotoGP Mugello Italia 2022 : ...
      • [Pos baru] WithU Yamaha RNF Jadi Tim Satelit April...
      • [New post] Gebrak dunia !! Suzuki rilis V-Strom 25...
      • [Pos baru] Astra Honda Racing Tim Balap ARRC Sepan...
      • [New post] Kenapa Yamaha Sering Menang di MotoGP M...
      • [New post] Prediksi Suppo : Mir akan bersama Marc ...
      • [New post] Tim Yamaha Racing Indonesia Siap Berlag...
      • [New post] [Breaking] Maverick dan Aleix Espargaro...
      • Gina Nelwan
      • [New post] Rivola di Mugello : Keputusan Tim Satel...
      • [New post] Aprilia MotoGP 2023 akan tetap diperkua...
      • [New post] Dipuji setinggi langit, Toprak Razgatlı...
      • [Pos baru] Geber Yamaha R15M Sentul Dalam Acara bL...
      • [New post] [Breaking] Finlandia mau masuk NATO, Mo...
      • [New post] Konsistensi Kenan : Toprak Razgatlioglu...
      • [Pos baru] Cara Merawat Rem Tromol Yamaha, Mudah Kok
      • [New post] Kesal dengan performa RC213V, Espargaro...
      • [New post] Makin Panas !! Setelah Dovi, kini Morbi...
      • [Pos baru] Harga UpsideDown Honda CB150R Terbaru K...
      • [New post] Soal Susah nyalip di MotoGP . . . Dorna...
      • [New post] Mulai tercium, diduga sudah ada pabrika...
      • [Pos baru] Launching Produk Baru Kawasaki Kamis 9 ...
      • [New post] Yamaha M1 yang Quartararo-Sentris atau ...
      • [New post] Diversifikasi Kawasaki ZX4R akan berupa...
      • [Pos baru] Oli Suzuki Ecstar R9000 : Harga, Spesif...
      • [Pos baru] Modif Tipis Yamaha Fazzio Hybrid Cyan G...
      • [New post] Berjuang keras, Fadillah Arbi koleksi P...
      • Lifestyle Blogger, Tips & Review by Triyatni Ashari
      • [New post] Siapa yang akan didepak dari Ducati ?
      • [New post] ” Honda sedang tersesat…” seru pengamat...
      • [New post] Kenapa Fabio Quartararo kencang diatas ...
      • [New post] Apakah Yamaha MotoGP tak masalah jika 2...
      • Gina Nelwan
      • [Pos baru] Nikmati Yamaha XSR 155 Touring Eksplora...
      • [Pos baru] Perayaan Ulang Tahun Moto Guzzi Ke-100 ...
      • [Pos baru] Review Yamaha XMAX Pakai Jalu Setang Ho...
      • [New post] Jelang MotoGp Mugello 2022 . . . Apakah...
      • [New post] Street Fighter mirip Sugomi Kawasaki… Q...
      • [New post] Intip data “crash” Marc Marquez selama ...
      • [Pos baru] Fadillah Arbi Aditama Raih Poin Perdana...
      • [New post] Gebrak Dunia !! TVS Rilis motor Speedom...
      • [New post] Biasa berseteru, Pit Beirer akui Salut ...
      • [New post] Arbi Aditama raih Point Pertama JuniorG...
      • [Pos baru] Hasil Race 2 WSBK Estoril 2022 : Jonath...
      • [New post] Rea Juara Superpole Race WSBK Estoril 2022
      • [Pos baru] Hasil Superpole Race WSBK Estoril 2022 ...
      • [New post] [Breaking] Kawasaki rilis W175 versi 20...
      • [Pos baru] Custom Filter CVT Honda PCX 150
      • [Pos baru] Honda CB150X Urban Explorer Touring Ast...
      • [New post] Gara-gara Dlosor di Le Mans, Pecco meng...
      • [New post] Presiden FIM : Sudah ada yang siap ambi...
      • [New post] WSBK Race 1 Estoril : Ducati patahkan k...
      • [New post] Dovizioso : Situasi di Yamaha sudah sep...
      • [Pos baru] Ganti Filter CVT Yamaha NMAX Aerox LEXI...
    • ►  April (324)
    • ►  Maret (283)
    • ►  Februari (261)
    • ►  Januari (308)
  • ►  2021 (6897)
    • ►  Desember (377)
    • ►  November (1194)
    • ►  Oktober (1109)
    • ►  September (533)
    • ►  Agustus (542)
    • ►  Juli (428)
    • ►  Juni (386)
    • ►  Mei (475)
    • ►  April (486)
    • ►  Maret (597)
    • ►  Februari (367)
    • ►  Januari (403)
  • ►  2020 (847)
    • ►  Desember (407)
    • ►  November (396)
    • ►  Oktober (3)
    • ►  September (1)
    • ►  Juli (6)
    • ►  Juni (7)
    • ►  Mei (6)
    • ►  April (8)
    • ►  Maret (5)
    • ►  Februari (4)
    • ►  Januari (4)
  • ►  2019 (111)
    • ►  Desember (7)
    • ►  November (12)
    • ►  Oktober (9)
    • ►  September (9)
    • ►  Agustus (10)
    • ►  Juli (6)
    • ►  Juni (3)
    • ►  Mei (7)
    • ►  April (5)
    • ►  Maret (18)
    • ►  Februari (12)
    • ►  Januari (13)
  • ►  2018 (601)
    • ►  Desember (9)
    • ►  November (17)
    • ►  Oktober (11)
    • ►  September (11)
    • ►  Agustus (11)
    • ►  Juli (14)
    • ►  Juni (10)
    • ►  Mei (15)
    • ►  April (24)
    • ►  Maret (168)
    • ►  Februari (141)
    • ►  Januari (170)
  • ►  2017 (60)
    • ►  Desember (60)
  • ►  2015 (1)
    • ►  Juni (1)
Tema Sederhana. Diberdayakan oleh Blogger.