TMCBLOG.com - Yamaha Secara resmi merilis All New Yamaha YZF-R7 Motor Yang Didukung oleh mesin CP2 Yamaha yang sangat terkenal soal pengiriman torsi yang kuat dan linier, serta keandalannya serta biaya pengoperasian yang rendah. Yamaha Memeprkirakan Kehadiran Yamaha R7 baru siap untuk mengguncang pasar kelas menengah. Bodywork Yamaha R7 yang dibuat dengan indah dan dibekali juga dengan spesifikasi yang cukup tinggi mencakup rem depan radial-mount, garpu USD dan kopling Assist & SLipper Clucth, R7 adalah jenis baru sepeda motor yang menawarkan kinerja Supersport yang menarik dengan handling yang luar biasa dan gaya R-Series yang agresif - dan semua ini dengan harga yang sangat kompetitif.

Mesin CP2 689cc Yang digunakan di Yamaha R7 Dilengkapi dengan poros engkol 270 derajat yang memberikan firing order yang sangat ebrbeda dari Umumnya Firing Order Mesin Meisn Mainstream Inline Twin. mesin CP2 berpendingin cairan 4-tak Dua silinder segaris DOHC 4-katup 4-tak menghasilkan torsi yang kuat dan linier pada rentang rpm yang lebar, menjadikannya Motor yang lincah di semua gigi dan pada semua kecepatan mesin.

Mesin CP2 yang dipakai di Yamaha R7 menghasilkan Variabel Performa yang sama Persis dengan MT-07 dimana Power maksimum 73,4PS (54kW) pada 8.750 rpm, dan torsi maksimum 67 Nm dicapai pada 6.500 rpm, memberikan R7 akselerasi start dan akselerasi roll-on yang sangat kuat. Mesin ini pada dasarnya satu Platform dengan mesin yang dipakai di Yamaha MT-07. Namun ada Perubahan khusus minor pada mesin CP2 R7 yang mencakup spesifikasi ECU baru, saluran pemasukan udara yang dioptimalkan, desain knalpot yang direvisi dan pengaturan injeksi bahan bakar yang berbeda.

Langkah-langkah tersebut dilakukan Yamaha untuk meningkatkan kemampuan kontrol dan memberikan respons throttle yang lebih halus dan responsif, sehingga berkontribusi pada pengalaman berkendara kaya torsi yang menyenangkan dari R7 - sekaligus tentunya mencapai kepatuhan penuh terhadap Regulasi emisi EU5. Selain modifikasi khusus di atas, Dibandingkan dengan MT-07, Yamaha R7 juga menggunakan rasio gigi sekunder yang sedikit dikurangi untuk memberikan karakter yang lebih sporty dengan akselerasi yang lebih kuat.

Selain itu ada perubahan Lainnya dari R7 dibandingkan MT07 seperti Quick Shift System (QSS) opsional yang dapat dipasang pada R7 di dealer pemasok Yamaha. Lalu ada Suspensi depan USD 41 mm dari KYB yang membuat sudut caster yang curam 23,7ยบ dengan Trail 90 mm, jarak sumbu roda 1.395 mm yang ringkas dan distribusi bobot depan / belakang berkisar di angka 51/49. Selain itu Juga R7 mengadopsi sistem suspensi belakang Monocross tipe link yang didesain ulang dengan karakteristik redaman dan Spring rate yang dirancang agar sesuai dengan karakter sporty dari motor.

Dibagian depan Yamaha R7 memiliki Desain asupan udara (RAM AIR Inlet ) berbentuk M-Shape Yang terinspirasi YZR-M1 MotoGP. R7 dilengkapi dengan lampu depan LED tunggal yang tersembunyi di dalam saluran udara M-Shape tersebut, sementara dua DRL LED terletak front cowl - dan ada deflektor udara baru yang terletak di dasar Inlet RAM AIR.

Taufik Of BuitenZorg | @tmcblog

Technical Highlights Yamaha R7

Compact, high-torque, 689cc, CP2 crossplane technology engine
EU5 compliant
Ultra-compact design with pure R-Series DNA
Highly aerodynamic full fairing with aluminium lower cover
High specification inverted 41 mm front forks
Link-type Monocross rear suspension with newly designed shock
A&S clutch
Lightweight tubular frame with aluminium centre brace for tuned chassis rigidity
Clip-on handlebars and lightweight rearsets with stylish heel guards
Sporty and adaptable tucked-in riding position
Aggressive R-Series twin-eye face with LED position lights
Powerful central LED headlight
Lightweight 10-spoke cast alloy wheels
Radial mount front brake calipers with Brembo radial master cylinder
Supersport cockpit design with full LCD instruments
Central M-shaped front air duct
Powerful front and rear brakes
Slimline 13-litre fuel tank with deeply sculpted knee indents
R-series style tail
120/70 front tyre, 180/55 rear tyre